lagi kerja pingin nulisi kertas list *seenaknya aja!

panulisanumi

emangnya diam bisa membuatku berhenti mencintaimu

saat ini masih berjalan seperti biasa dengan rasa yang masih sama, aku sedang tidak menceritakan esok hari, khusus hari ini saja *itu tanda kalo aku bukan tukang gombal :p…tentu saja kalo ada hari esok aku tidak ingin berpindah tanpa alasan, tapi kalo akunya sudah tidak sesuai aturan ajaran dan atas izin Allah tentu saja aku akan menerima karunia Allah yang Allah akan datangkan lagi…(Allah kan selalu baik)

View original post

Advertisements

Santai saja kalo tidak punya uang

Setiap tahun di Kota Banjar suka ada bazar buku di halaman mesjid Agung alun alun. Dan setiap itu pula aku selalu tidak punya longgar anggaran untuk membeli buku. Begitu juga tahun 2013 ini, aku ingin beli buku karena buku bacaan dirumah sudah tamat, biasanya aku baca kalo lg mood nya baik. sekalinya tamatin buku bisa berbulan-bulan. Aku ingin sekali membeli buku baru tapi aku tidak punya uang, bulan maret ini.

Tiba-tiba suatu hari sepulang bekerja aku berhenti lalu masuk ke tenda si penjual buku itu. Setelah liat dan menanyakan buku Khadijah yang tidak ada, aku malah tertarik pada buku Ippho dan Ust. Yusuf Mansur yang memang sudah lama ingin saya beli. Tanpa menaruh curiga sedikitpun karena buku itu disegel aku beli saja, saya juga lupa harganya waktu itu pernah liat-liat di Gramedia. Padahal tidak punya uang dengan pede nya saya beli buka kantong lalu saya bayar dengan uang seratus ribu. Padahal saya tau uang itu, uang ibu ku disuruh belanja barang buat di warung, tapi karena sudah beli jadi tidak usah belanja katanya, tapi uang itu belum saya kembaliin. Alhasil saya saya merasa tidak puas dengan buku itu, walaupun isinya bagus, tapi saya merasa dibohongi, kayanya juga sih itu buku bajakan. Huuhhh nyesel deh saya. Baru kali ini beli buku,  ko ecek-ecek begini si, dan saya kecewa banget sama yang jualan saya merasa dibohongi mentah-mentah, hehh ternyata kemasan itu tidak menjamin, pembeli harus bener-bener teliti sekalipun itu disegel. Saya tak akan sekali-kali lagi beli ditempat gituan, kecuali barang bekas tapi asli masih mening, dari pada baru tapi palsu.

Setelah saya pikir-pikir kenapa bisa jadi begini, hmm…. ternyata uang nya itu kali. Bukan uang saya, walaupun saya tidak biasa ngambil uang diam-diam, masih sering minta lagi si sama eumih,  tapi kesalahan sedikitpun sekali sajapun bisa fatal. Bisa langsung kerasa menyakitkan dan menyulitkan diri sendiri.

karena cinta tidak lupa

Berawal dari rasa dan pikiran
tentang aku, rinduku, cintaku, alam, Tuhan dan ciptaan-Nya.

Kata yang mengantar

Secara sempit cinta memang bukan segalanya, tapi cinta harus tetap ada, mutlak. Secara umum tidak secara ekonomi cinta adalah keharusan karena didalamnya mencakup semua aspek kehidupan, ekonomi, politik, pertahanan keamanan dan global.wehehe…ngarang.

Cinta itu baik dan benar, hanya bisa beda warna dan bentuknya menyesuaikan tempat dimana cinta itu diletakan. Cinta akan berbeda, cinta pada kamu, pada ekonomi, politik dan lain sebagainya. Mmm…mungkin juga akan sama, tapi aku tidak yakin belum pernah merasakannya sama, oh tidak! jelas beda dong. Rasanya beda. Kalo cinta sama lawan jenis mah bahagia-bahagia rumit and complicated-lah pokoknya.

Cinta benar-benar sama manusia/seorang  laki-laki/perempuan mungkin bisa membuat ekonomi semakin baik, karena cintanya sama sesuatu/seseorang itu yang membuat semangat mencari rejeki, ah kadang-kadang bikin tidak semangat juga sih (untuk yang masih pacaran) tapi cinta ekonomi belum tentu bisa sebaliknya cinta sama seseorang juga akan semakin baik, alih- alih malah beristri lebih dari satu “waduh” jangan sampai deh. Tergantung pribadi-pribadi sih, mau menjadikan cinta yang seperti apa.

catatan :
ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang aturan dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Ini sih pendapat saya soalnya terlalu banyak pendapat para ahli jadi puyeng. Ekonomi itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “oikos” dan “nomos” yang artinya oikos = rumah tangga dan nomos = aturan jadi “aturan rumah tangga”.

Halaah lieur ngurusin ekonomi teh, yang penting dapat uang halal ajah yah. Dari cinta mengapa jadi ngurusin ekonomi ya, hmm….sepertinya emang nyabung sih antara cinta dan ekonomi. Pertama cinta lalu kalo jodoh ber-rumahtangga, nah otomatis ada aturan rumahtangga juga ya ujung-ujungnya ekonomi juga, ini realita nya. Tapi kan cinta itu berdiri sendiri bukan karena apa-apa dan tidak ada apa-apanya, cinta itu sederhana, rasa dalam hati yang sudah diguratkeun tidituna*. Dari Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Saya yakin semua orang tahu hal ini. Semoga saja kita tidak membutakan diri sendiri terhadap cinta, selama ini kadang malah jadi sering menyalahkan cinta. Padahal tidak begitu, salah dalam pengelolaan bisa jadi!. Yang membaca ini terimakasih, termasuk saya juga harus banyak belajar, dan saya berdo’a semoga saya dan anda bisa sadar cinta dan sandarkan cinta pada Allah, Yang Maha Memiliki dan Kuasa atas Segalanya. Semoga dengan do’a takdir yang jelek bisa terhindari. Amin

Terakhir saya yang nulis mau mengucapkan Alhamdulliah kepada Allah SWT yang telah menjadikannya ini terjadi, Fatkur yang telah menjadi bagian dari ini. Saya juga berterima kasih banyak kepada Pak Boss atas dibiarkannya saya pakai komputer dan internetnya #ssst dia kan gak tau hehe…, terima kasih kepada rekan-rekan kerja saya juga yang telah merelakan saya berlama-lama ngenet :p , kepada buku catatan saya, catatan kasbon karyawan, kertas-kertas yang tidak kepakai, pupen kuning, dan juga handphone yang telah menampung tulisan-tulisan saya, terakhir tentu saja wordpress.com yang sudah memberikan blog saya punya dengan cuma-cuma. Terima kasih …

Kata-kata yang mungkin bermakna tapi belum berjudul.

Jika hati sudah terpatahkan
harapan sudah diterbangkan
impian digantikan kenyataan
lalu apa yang bisa dilakukan

27-05-2012

aku tidak tahu
apapun tidak tahu
kujejali pikiranku tentangmu dengan yang baik saja
dari sini kupeluk hatimu
serasa tak ada yang berubah

24-05-2012

cinta tidak digunakan untuk membutakan nurani
cinta tidak dipakai jika jauh dihati
tidak pula dipakai untuk membodohi
gunakan cinta untuk mendekatkan diri
pada Yang Maha Memiliki

19  mei 2012

Aku bersama dalam kehidupan
berdekatan dengan kematian
berjauhan denganmu
berkaitan dalam hati

22 mei 2012

Kehilangan adalah bisa saja kesedihan
kesedihan adalah ujian
ujian adalah kehidupan
kehidupan adalah milik Allah
hidup mati kuasa Allah

11 mei 2012

Selama aku bisa tersenyum pada dunia
aku akan bahagia

11 mei 2012

hiburan ini adalah untuk ku dan siapa saja yang merasa terhibur, jika esok masih ada umur jangan menyerah, apapun masih serba “mungkin”……jika sudah tidak mungkin lagi, tenang saja jangan putus asa, karena masih ada sesuatu yang “belum tentu”. Usahakan untuk berprasangka baik, percaya bahwa  akan ada yang lebih baik dari hari ini.   *07 mei 2012

Semua cerita akan berakhir menjadi masa lalu, tapi jika saja ini baik mungkin cerita ini akan tetap menceritakan tentang aku dan kamu.

Contoh :  *apa ya??! hmm

Engkau Ya Rabb yang mencintai aku
berikan cintaMu pula melalui cinta dia
karna aku cintainya pula
sebaik-baiknya pikiranku saat ini

05 Mei 2012

Ya Allah gantikanlah kerinduan ini
menjadi pertemuan
gantikanlah keraguan ini
menjadi kepercayaan

03 mei 2012

Tidak usahlah pandang aku sebelah mata
palingkan saja wajahmu
tak usah kau iba
pergi saja tak usah kau hibur aku
aku tak peduli
hitam putih miring
terserah
kurang ajar apanya aku padamu

02 mei 2012

ku tak akan tandatangani lagi luka
untuk kesekian kalinya
sudah kulupakan satu persatu
duka yang buatku terluka
yakin dan akan kusandarkan semua padaMu Tuhan
sadar dalam rentangan waktu
aku tak mampu selalu tegar
kadang celah jiwa ini buatku lemah
terhanyut dalam luka
benci marah kesal menjenguk aku
dalam kesakitan
genggam aku dalam cintaMu
tegakkan aku dalam keikhlasan
Ya Rabb Engkau yang selalu
mencintai aku

01 mei 2012

Terinspirasi Bunga Sakura

Setelah membaca dan melihat berita ” Washington Rayakan 100 Tahun Pohon Sakura” beserta foto-fotonya di situs www.voaindonesia.com saya begitu amazing banget ” Waaw…, ini hebat Subhanallah indah sekali” gumamku, melihat pemandangan dari hasil jepretan sang fotografer dari Getty.Emage (tapi setelah voa berubah dengan tampilan barunya, saya tidak bisa melihat galeri fotonya lagi) “hmm”. Pohon-pohon Sakura atau Cherry Blossom ini adalah pemberian hadiah dari Walikota Tokyo Jepang dan Pemerintah Jepang, “mmm”….lama juga ya, berarti pohon Sakura bisa hidup mencapai 100 tahun, tapi itupun katanya ada pohon-pohon baru yang sudah dibiakkan. Dalam festival tahunan ini dituliskan banyak kegiatan yang diselenggarakan, terutama yang menampilkan kebudayaan Jepang dan jenis tari-tarian khas Jepang.

Sepertinya disaat berkembang pohon Sakura atau kalau di dalam bahasa Jepang-nya disebut “Hanami” itu tidak kelihatan daunnya, yang saya lihat di foto-foto si begitu, ya maklum saja saya belum pernah melihat langsung apalagi menyentuhnya, jadi terlihat seperti pohon bunga tanpa daun.

Saya merasakan ingin yang sangat, untuk menikmatinya langsung pemandangan bunga sakura yang sedang mekar ini. Baik di Jepang sendiri atau di Washington. Dc, “wehweh… ” sangat sulit mungkin, itu hanya mimpi saat ini pikirku. Jangankan yang di sana, yang di Cibodas saja saya belum pernah melihatnya, yang satu-satunya tempat ditanam pohon Sakura di Indonesia, yang katanya bisa dinikmati dua kali musim berbunga dalam satu tahun, ini berbeda dengan yang di Jepang atau di Washington.DC ,yaitu antara bulan Januari-Februari dan antara Agustus-September, menurut sumber dari blog Info Indonesia yang saya baca.Dan Taman bunga Sakura di Cibodas itu sudah dibuat sejak tahun 2007, yang tertanam kurang lebih 400 pohon Sakura. Kupikir ini sangat bagus, dengan begitu saya tidak harus jauh-jauh pergi ke Jepang apalagi ke Washington hanya untuk melihat hanami, cukup dengan datang ke Cibodas, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Sebenarnya saya sudah pernah ke Cibodas sekitar tahun 1999, tapi waktu itu belum ada, jadi ya harus kesana lagi deh. Baiklah mudah-mudahan nanti bisa menikmati hanami disana bersama sang pujaan hati “hihihiii”….

Dari dulu sejak saya tahu bunga Sakura, saya sudah suka dan terkagum-kagum sama bunga Nasional Negeri Jepang ini. Sampai- sampai sempat terlintas nanti kalau saya mempunyai taman bacaan, toko atau apalah akan saya beri nama “Sakura” “wedeuww….” ngimpi lagi neh. “hehehe”
Dari awal saya sudah dibuat bingung tentang tema apa yang mau ditulis dalam blog saya ini. Soalnya saya tidak punya banyak pengetahuan yang mumpuni untuk diterbitkan di blog saya. Pokoknya pusing deh, tapi saya ingin menjajal diri saya sendiri untuk membuat sebuah tulisan. Setelah saya tahu di facebook ada kontes blog-nya voa, saya tertarik untuk ikutan, walaupun blog saya ini belum menarik seperti blognya orang lain, disamping sambil belajar membuat blog, ya terang saja, siapa sih orangnya yang gak pingin hadiah. Daripada tidak mencoba sama sekali, mungkin akan lebih menyesal daripada menyesal karena tidak mendapatkan hadiahnya, setidaknya saya dapat mengetahui tulisan saya “gimana sih” jadinya.

Yang saya tahu tentang Sakura adalah bunga dari Jepang, kalau ingat Sakura langsung pikiran ku pada Jepang,dan segala sesuatu tentang Jepang seperti komik, harajuku, dan Tsunami Jepang yang terjadi hampir setahun yang lalu 11 Maret 2011.( Apa hubungannya dengan tsunami) “hadeuh”.

Sebenarnya si ide ini sudah lama, hanya saja baru kali ini saya coba tulis di blog, tentu saja dengan versinya saya. Suatu hari saat pikiran saya sedang perfungsi,… mungkin dan mood saya lagi baik, saya kepikiran membuat bunga Sakura-sakura-an dari kelopak bawang putih (kulit yang membungkus si bawangnya), yang berwarna putih transparan. Saya mengumpulkan kulit bawang tiap kali masak (padahal jarang masak si sebenarnya hehehe), dan kebetulan ibu sering beli telur dalam jumlah agak banyak, biasanya didalamnya suka ada kulit-kulit bawang putih itu sebagai bahan untuk menahan telur supaya tidak pecah, saya mengumpulkan sampai sekantong plastik besar. Tapi baru-baru ini sisanya sudah dibuang karena saya tidak pernah membuat lagi bunga sakura-sakura-an dikarenakan males dan sibuk bekerja sampai hari Sabtu (sok sibuk). Jadi tidak cukup punya banyak waktu untuk berkresi lagi.

Nah, caranya bagaimana ya? saya bentuk tuh si kulit bawang putih itu menjadi kelopak-kelopak kecil, lalu tempelkan dengan lem (bukan lem kertas yang krim) lem yang cair seperti lem sepatu. Mungkin bisa ditempelkan di ranting-ranting yang dikeringkan, sepertinya akan lebih bagus, tapi saya mencobanya di kertas karton hitam, kelopak-kelopak tersebut saya bentuk melingkar menyerupai bentuk bunga lalu di tengahnya saya kasih bunga rumput kering sebagai putiknya. Untuk batangnya saya gunakan kelopak kacang merah yang dipotong-potong, dan ditempel berjajar membentuk tangkai/batang. Seperti ini neh fotonya saya ambil sendiri, “tapi mirip gak si”.

Selain itu saya kreasikan kedalam tempat pencil yang saya buat dari kertas kardus yang dipotong lima bagian, yang cukup untuk membentuk sebuah kubus yang menyerupai tempat pencil, lalu setelah itu saya balut dengan tali yang terbuat dari pelapah pohon pisang yang dikeringkan, untuk mempercantik tampilannya saya tambahkan bunga sakura buatan saya tadi itu, dan jadilah seperti ini

difoto pake hp

ini sudah lama si saya buat tapi masih awet menghiasi meja butut saya di kamar. Lumayan buat naruh kaca mata jelek.. “hehehe”.

Sebenarnya saya juga melihat ini awalnya dari sebuah acara di televisi, tapi sudah lupa stasiun tv apa, waktu itu ada seorang ibu yang sukses menyulap kulit bawang menjadi barang seni, hasil karyanya diperlihatkan, bagus dan mempunyai nilai seni dan nilai jual yang tinggi, diberi bingkai dan perfect banget. Sangat beda jauh dari yang saya coba ini. Ya itulah hasil saya di waktu luang, yang pengerjaannya butuh beberapa hari libur, karena disela-sela kesibukan yang lain. Lumayan saja buat koleksi pribadi, yang bukan tidak mungkin suatu hari bisa saya tekuni lebih baik lagi, mungkin saja.”Amin”.

Pilihan Ganda

Ini soal multiple choices, aku atau siapapun selalu ada banyak pilihan. Sebenarnya aku itu selalu diberi lebih, kenapa? tujuannya baik saja karena lebih baik berpikir positif daripada menerka-nerka yang belum jelas terjadi, disamping untuk memilih aku dituntut untuk mengenali dan belajar tentang pilihan-pilihan itu, yang lebih penting ya minimal aku bisa berpikir dari soal ini, syukur bila akhirnya jawaban yang aku pilih benar. Dengan tujuan sebenarnya hanya satu yang aku dan banyak orang harus pilih dengan berharap jawaban itu benar. Tentu saja dengan benar, aku akan bahagia, senang nilai aku akan bagus, jika itu dalam soal ujian dahulu di bangku sekolah.

Tapi ini tidak segampang soal pilihan ganda disekolah, kita bisa belajar atau mencontek, tapi mencontek bukanlah ide bagus, itu hanya akan membuat otak kita jarang berpikir, dan nantinya kita tidak akan terbiasa memikirkan hal-hal kecil sekalipun, walaupun hanya sebatas berpikir karena jarang pikiran dituangkan dalam action dan menjadikan sebuah karya. Tidak semua karya bisa disebut hebat, tapi hebat atau tidak itu bukan masalah besar.

Sebuah Pilihan

 

Ini soal multiple choices

aku atau siapapun

selalu akan ada banyak pilihan

sebenarnya aku itu selalu diberi lebih

 

tapi sebenarnya hanya satu aku meminta

jawaban benar

semua ada pada diri

mungkin mudah bagi yang belajar dan berpikir

 

pada akhirnya hanya ada satu hati kecil

kecil tapi tak pernah salah

entahlah tentang apa pilihan itu

tidak pernah tau pilihan itu sendiri

 

baik tidaknya

tapi keyakinanlah yang akan menentramkan hati

setidaknya dengan hati kecil ini

apapun yang terjadi

 

tak akan terlalu jauh kecewa

 

@my office on March 22, 2012  about at 10:~am.